Sabtu, 14 Desember 2013

Shalat Wudhu




Shalat wudhu adalah shalat sunnah 2 rakaat yang dapat dikerjakan kapanpun. Barangsiapa yang senantiasa mengerjakan shalat wudhu ini maka Allah SWT akan memberikan pahala yang besar baginya. Seperti yang diriwayatkan dalam sebuah hadits : ‘’Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam pernah berkata kepada sahabat bilal: ceritakanlah kepadaku amal apa yang amat engkau harapkan dalam islam, sebab aku mendengar suara kedua sandalmu di surga? Sahabat Bilal menjawab: tidak ada amal ibadah yang paling aku harapkan selain setiap aku berwudhu baik siang atau malam aku selalu shalat setelahnya sebanyak yang aku suka’’. (HR. Bukhari)

Niat Shalat Wudhu
Yang terpenting adalah niat tulus ikhlas karena Allah Ta'ala dan mengharapkan ridho-Nya. Kendati bacaan niatnya adalah sebagai berikut :
Ushalli sunnatal wudhu’i rak’ataini lillahi ta’alaa, Allahu akbar
Artinya: saya niat shalat sunah wudhu dua rakaat karena Allah ta’alaa, Allahu Akbar

Tata Cara Shalat Wudhu
1.      Sehabis berwudhu di sunahkan membaca doa setelah wudhu
2.      Selesai membaca doa tersebut, lalu melaksanakan shalat sunah wudhu dua rakaat
3.      Surat yang di baca boleh apa saja, akan tetapi di sunahkan membaca surat berikut ini: Rakaat pertama membaca surat an nisa’ ayat 64, kemudian di lanjutkan dengan membaca surat Al kafirun. Rakaat ke dua membaca surat an nisa’ ayat 110, kemudian di lanjutkan dengan membaca surat Al ikhlas.
4.      Shalat ini di kerjakan dua rakaat sebagaimana shalat yang lain sampai salam.
Semoga kita bisa senantiasa bisa menjaga shalat sunnah wudhu ini agar kita mendapatkan pahala yang besar dan ampunan dari Allah SWT.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar