Sabtu, 14 Desember 2013

Shalat Istiqarah



Shalat istiqarah adalah sholat sunnah yang dikerjakan guna mendapatkkan  petunjuk dari Allah SWT, oleh mereka yang merasa ragu-ragu untuk menentukan suatu hal. misalnya menentukan pekerjaan, jodoh, sekolah, dll. Shalat ini dapat dilaksanakan kapan saja , tapi waktu yang paling tepat adalah pada sepertiga malam terakhir.

Niat Shalat Istiqarah

Niat cukup diucapkan di dalam hati , yang terpenting adalah mengerjakannya ikhlas karena Allah Ta'ala dan mengharapkan Ridho-Nya.

Tata Cara Shalat Istiqarah

Shalat istiqarah paling sedikit dikerjakan 2 rakaat dengan 1 kali salam dan paling banyak 12 rakaat dengan 6 kali salam. Pada rakaat pertama setelah membaca surah Al-Fatihah diutamakan membaca Surah Al-Kafirun, dan pada rakaat kedua setelah Al-Fatihah membaca surah Al-Ikhlas.

Do'a Shalat Istiqarah

"Ya Allah, aku memohon petunjuk kebaikan kepada-Mu dengan ilmu-Mu. Aku memohon kekuatan dengan kekuatan-Mu. Ya Allah, seandainya Engkau tahu bahwa masalah ini baik untukku dalam agamaku, kehidupanku dan jalan hidupku, jadikanlah untukku dan mudahkanlah bagiku dan berkahilah aku di dalam masalah ini. Namun jika Engkau tahu bahwa masalah ini buruk untukku, agamaku dan jalan hidupku, jauhkan aku darinya dan jauhkan masalah itu dariku. Tetapkanlah bagiku kebaikan dimana pun kebaikan itu berada dan ridhailah aku dengan kebaikan itu". (HR Al Bukhari)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar