Sabtu, 14 Desember 2013

Shalat Taubat





Shalat Taubat adalah shalat yang dilakukan karena menyesali suatu perbuatan dosa. karena setiap seorang melakukan dosa, maka dosa itu akan menjadi sebuah titik hitam di hati, jika semakin banyak dan semakin besar dosa yang dilakukan maka hati akan tertutup, dan hal itu akan menyebabkan cahaya hidayah Allah akan sulit masuk ke dalam hati, maka shalat taubat dilaksanakan karena mengharap agar Allah memberi cahaya kepada hatinya lagi.

Tata Cara Shalat Taubat
1. Membaca niat shalat taubat,
2. Lalu shalat seperti biasa tapi pada rakaat pertama hendaklah membaca surah Al-Kafirun dan pada rakaat kedua membaca surah Al-Ikhlas.
3. Pada saat bersujud hendaklah memperbanyak mohon ampun kepada Allah, karena saat itulah saat hamba paling dekat dengan Rabb-nya.

Doa Setelah Shalat Taubat

1. Perbanyaklah membaca "Subhanallah wa biham dih" Artinya : "Maha Suci Allah dan segala puji bagi-Nya", karena didalam hadits diriwayatkan “Barangsiapa mengucapkan 'subhanallah wabihamdih' seratus kali dalam sehari, ia akan diampuni segala dosanya sekalipun dosanya itu sebanyak buih di laut.” (HR. Muslim dan At-Tirmidzi)
2. Memperbanyak istigfar, berikut adalah doa istigfar
"Astaghfirullaahal 'azhiim alladzii laa ilaaha illaa huwal hayyul qoyyuum wa atuubu ilaih, (taubatan nasuuha), taubata 'abdin zhoolimin laa yamliku linafsihi dhorron wa laa naf'aa wa laa mautan wa laa hayaatan wa laa nusyuuro."
Artinya :
Aku memohon ampun kepada AllahYang Maha Agung, aku mengaku bahwa tiada Tuhan selain Allah, Tuhan yang hidup terus selalu terjaga. Aku memohon taubat kepada-Nya, (taubat yang sesungguhnya), taubat seorang hamba yang banyak berdosa, yang tidak mempunyai daya untuk berbuat mudhorot atau manfaat, untuk mati atau hidup maupun bangkit nanti.
"Robbanaa atmim lanaa nuurona waghfirlanaa, innaka 'alaa kulli syai-in qodiir". QS. At-Tahrim [66] : 8

Artinya :
Ya Tuhan kami, sempurnakanlah bagi kami cahaya kami dan ampunilah kami. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu.

Ganjaran Orang Yang Bertaubat

Ganjaran orang yang bertaubat adalah berdasarkan surah Ali-Imran : 136 yang berbunyi, "Mereka itu balasannya ialah ampunan dari Tuhan mereka dan surga yang di dalamnya mengalir sungai-sungai, sedang mereka kekal di dalamnya; dan itulah sebaik-baik pahala orang-orang yang beramal."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar