Selasa, 25 Juni 2013

Shalat



Pengertian shalat

Shalat merupakan ibadah bagi kaum muslimin, dimana dalam ibadah ini ada dibedakan menjadi dua macam , yaitu shalat wajib dan shalat sunnah. Shalat wajib berarti ibadah shalat yang harus/wajib dikerjakan oleh seorang muslim, sedangkan shalat sunnah merupakan ibadah shalat yang boleh dikerjakan atau tidak dikerjakan. Secara lahiriah ibadah shalat adalah perbuatan dan perkataan yang dimulai dengan takbiratul ihram dan diakhiri dengan salam. Dalam agama Islam shalat merupakan tiang agama, artinya jika seseorang menegakkan (mengerjakan shalat ) berarti dia telah menegakkan tiang agama.
Adapun perintah untuk melaksanakan shalat terdapat di dalam Al-Quran, diantaranya adalah :

“Bacalah kitab (Al Qur’an) yang telah diwahyukan kepadamu (Muhammad) dan laksanakanlah shalat. Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan) keji dan mungkar. Dan (ketahuilah) mengingat Allah (shalat) itu lebih besar (keutamaannya dari ibadah yang lain). Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.” ( Surah Al-'Ankabut : 45 )

”Dirikanlah shalat dari sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam dan (dirikanlah pula shalat) subuh. Sesungguhnya shalat subuh itu disaksikan (oleh malaikat).” (Al Israa’ :78)

”Dan dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat dan ruku’lah beserta orang-orang yang ruku’” (Al Baqarah : 43)

”Maka dirikanlah shalat karena Tuhanmu dan berkorbanlah.” ( Al Kautsar : 2)

Begitulah firman Allah dalam Al-Qur’an yang memerintahkan kepada umat muslim untuk melaksanakan shalat dan tentang keutamaan shalat. Dalam beberapa hadist juga disebutkan tentang keutamaan shalat. Diantaranya adalah
Rasulullah SAW Bersabda : “Apakah pendapat kalian jika ada sebuah sungai di depan pintu rumah salah seorang dari kalian, lalu ia mandi di dalamnya lima kali sehari, apakah kotoran masih melekat di tubuhnya” Lalu para shahabat menjawab : ”Kotoran tidak akan melekat di tubuhnya” Lalu beliau bersabda : “Itulah perumpamaan sholat lima waktu Dengan mengerjakannya, Allah akan menghapus dosa-dosanya.” ( Ibnu Majah- At Targhib )

Nabi Muhammad SAW bersabda : ”Barangsiapa mendengar panggilan sholat (adzan) lalu tidak mendatanginya, maka tidak ada sholat baginya kecuali karena udzur.” (HR.Ibun Majah : 793)

Nabi Muhammad SAW bersabda : “Sholat lima waktu itu menjadi penebus dosa yang terjadi diantaranya (waktu sholat ke sholat selanjutnya), selama meninggalkan dosa besar.” (HR. Muslim)

Nabi Muhammad SAW bersabda : “Bila seorang dari kalian selesai shalat di masjid, hendaknya ia memberi bagian shalat sunnahnya di rumahnya, sebab Allah menjadikan kebaikan dari shalatnya di rumahnya.” (HR.Muslim,778)

Macam-macam shalat
Shalat dibedakan menjadi dua macam, diantaranya adalah shalat wajib dan shalat sunnah.
  1. Shalat wajib ( shalat lima waktu )
  2. Shalat Sunnah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar