Jumat, 28 Juni 2013

Shalat dhuha



Shalat dhuha adalah shalat yang dikerjakan pada waktu dhuha atau saat matahari terbit sampai matahari terasa panas (menjelang shalat dzuhur), dikerjakan dengan jumlah rakaat paling sedikit 2 rakaat dan paling banyak 12 rekaat. Sebaiknya dilakukan dengan 2 rakaat untuk satu kali salam, tapi juga diperbolehkan juga dilakukan dengan 4 rakaat untuk satu kali salam.

Shalat dhuha dianjurkan untuk dikerjakan sebagaimana sunnah Rasulullah SAW :
Dari Abu Hurairah r.a :
Rasulullah saw, kekasihku itu berwasiat padaku tiga hal pertama puasa tiga hari setiap bulan, kedua dua rakaat dhuha (setiap hari), ketiga shalat witir sebelum tidur.
Barang siapa menjaga shalat dhuha, maka Allah akan mengampunin segala dosanya walaupun sebanyak buih di lautan.
Juga dalam firman Allah SWT melalu hadisy Qusdi :
“ruku’lah untukku empat rakaat di permulaan hari (pagi), maka Aku akan mencukupimu di sisa harimu”  

Sabdanya yang lain : “Barang siapa shalat Dhuha 12 rakaat, Allah akan membuatkan utuknya istana disurga

Niat shalat dhuha : “Ushalli sunnatad dhuha rak’ataini lillahi ta’ala”
Artinya : “Aku niat shalat dua dua raka’at karena Allah.”
Lalu pada rakaat pertama setelah setelah membca surat al-Fatihah dilanjutkan dengan membaca was-Syamsi wa dhuhaha, lalu pada rakaat kedua setelah membaca surat al-Fatihah membaca surat qul ya ayyuhal kafirun. Lalu setelah salam membaca do’a dhuha, bacaannya sebagai berikut :
allahumma innad dhuhaa dhuha uka, wal bahaa bahaa-uka, wal jamaala jamaa-luka, wal quwwaata quwwatuka, wal qudrota qudrotuka, wal ishmata ishmatuka. allahumma inkaana rizqi fis-samaa-i fa-anzilhu, wainkaana fil-ardli fa akhrijhu, wainkaana mu’siron fayassirhu, wainkaana charooman fathohhirhu, wainkaana ba’iidan faqorribhu, bichaqqi dhuhaaika, wajaamalika, wabahaaika, waqudrotika, waquwwatika, waishmatika, aatini maa’ataita ‘ibaadakash-sholichiin. “
Artinya : “ya allah sesungguhnya waktu dhuha adalah dhuha-mu, dan keindahan adalah keindahan-mu, dan kebagusan adalah kebagusan-mu, dan kemampuan adalah kemampuan-mu, dan kekuatan adalah kekuatan-mu, serta perlindungan adalah perlindungan-mu. ya allah apabila rizqiku berada dilangit maka mohon turunkanlah, bila di bumi mohon keluarkanlah, bila sulit mudahkanlah, bila jauh dekatkanlah, dan bila haram bersihkanlah, dengan haq dhuha-mu, keindahan-mu, kebagusan-mu, kemampuan-mu, kekuatan-mu dan perlindungan-mu, berikanlah kepadaku apa saja yang engkau berikan kepada hamba-hambamu yang sholeh.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar