Selasa, 04 Juni 2013

Pengertian Islam dan Ajarannya




Islam adalah agama yang hanya menyembah satu Tuhan, yaitu Allah SWT. Dalam pengertian bahasa Islam berarti "penyerahan", yaitu penyerahan sepenuhnya kepada Tuhan YME yaitu Allah SWT. 

Sejak zaman Nabi Adam, memang yang diajarkan adalah agama yang hanya mengajarkan ketauhidan secara hanif (murni), para utusan itu hanya mengajarkan untuk hanya menyembah kepada Allah SWT. Allah telah menurunkan beberapa Kitab suci , diantarannya adalah Taurat, Zabur, Injil, dan yang terakhir adalah Al-Qur'an. Akan tetapi Taurat, Zabur, Injil telah dicampur tangani oleh manusia, kecuali Al-Qur'an dimana Allah SWT telah menjamin keasliannya sampai akhir zaman kelak. 

Penganut agama Islam disebut dengan Muslim, Muslimin bagi laki-laki dan muslimat bagi perempuan. Allah menurunkan firman-Nya melalui Nabi dan Rosul sebagai penyampai risalah untuk umat manusia. Pada masa-masa terdahulu Setiap umat diberi seorang utusan yang berdakwah menyampaikan risalah kepada umat manusia untuk menyembah dan beribadah hanya kepada Allah SWT. Sedangkan Nabi Muhammad SAW diutus untuk seluruh umat manusia. Walau Nabi Muhammad sudah tidak ada / tidak hadir ditengah-tengah kita tetapi ajarannya masih diteruskan oleh generasi-generasi berikutnya misalnya para para ulama-ulama baik di jaman dahulu maupun sekarang dengan tetap berpegang paad Al-Qur’an dan Al-hadist.
Asal mula kata Islam adalah "Aslama" yang dalam bahasa arab berarti "menyelamatkan", "menerima", "menyerah/tunduk".
Untuk masuk atau menjadi pengikut agama Islam tidaklah sulit, cukup mengucapkan dua kalimat persaksian dimana tidak ada Tuhan yang patut disembah kecuali Allah, dan Nabi Muhammada adalah utusan-Nya. Yaitu dengan mengucapkan "asyhadu an-laa ilaaha illallaah, wa asyhadu anna muhammadan rasuulullaah" yang artinya saya bersaksi bahwa tidak ada Tuhan melainkan Allah, dan saya bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah. Orang yang baru pertama kali masuk Islam disebut mualaf. Itulah Islam yang hanya menyembah kepada satu Tuhan yaitu Allah SWT. 

Al-Qur'an merupakan kitab suci agama Islam, yang merupakan wahyu Allah yang disampaikan kepada Nabi Muhammad melalui Malaikat Jibril. Al-qur'an mempunyai 114 Surat, dan dari kesemua surat tersebut Al-qur'an memiliki 6236 ayat. Dimana Kitab Al-qur'an diturunkan di dua tempat, yaitu di Mekkah dinamakan Surat Makkiyah dan di Madinah yang dinamakan Surat Madaniyah. Surat Makkiyah biasanya suratnya pendek-pendek dan berisikan tentang keimanan dan akhlak, sedangkan Surat Madaniyah biasanya panjang-panjang dan berisikan tentang syariah atau hubungan antara manusia dengan Tuhan. Al-qur'an dibagi menjadi 30 bagian atau Juz, dengan masing-masing juz mempunyai panjang yang sama. Al-quran diturunkan oleh Allah dalam jangka waktu 22 tahun 2 bulan 22 hari. 

Islam mempunyai 5 rukun yang dijadikan sebagai amalan keagamaan yang disebut 5 rukun islam. dimana kelima rukun ini merupakan amalan yang harus dikerjakan oleh seorang muslim, yang dimana bisa menyatukan umat Muslim sebagai sebuah komunitas. Kelima Rukun Islam tersebut adalah : 

1. Mengucapkan 2 kalimat syahadat
2. Shalat
3. Berpuasa pada bulan Ramadhan
4. Membayar Zakat
5. Menunaikan ibadah Haji bagi yang mampu

Islam juga mempunyai rukun iman yang berjumlah enam dimana umat Islam harus mengimani atau mempercayai keenam rukun ini. Keenam rukun itu diantaranya adalah

1.Iman kepada Allah
2.Iman kepada malaikat Allah
3.Iman kepada Kitab Allah
4.Iman kepada nabi dan rasul Allah
5.Iman kepada hari kiamat
6.Iman kepada qada dan qadar Allah
Di setiap Rukun Iman tersebut terdapat manfaat yang sangat besar bagi kita apabila kita benar-benar mengimaninya, diantarannya adalah bahagia dan selamat di dunia maupun di akhirat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar